script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memeriksa Dioda Pada Alternator

Dioda pada alternator digunakan untuk menyearahkan arus AC/bolak-balik menjadi arus DCatau searah yang terdapat pada alternatordan merupakan komponen alternator serta ,Alternator sendiri merupakan salah satu komponen sistem pengisian pada kendaraan/mobil yang berfungsi untuk mensuplai atau mengisi kebutuhan sistem kelistrikan pada kendaraan dihidupkan.
cara memeriksa dioda pada alternator

Dioda yang terpasang pada alternator bentuk pemegangnya atau dudukan dari diodanya ada beberapa tipe alternator,sebagai contoh untuk alternator dengan sistem pengisian menggunakan regulator.
Terdapat berbagai tipe alternator contohnya 40A,45A,50A,55A yang tentunya berbeda bentuk pemegangnya.

komponen alternator dan pemerikasaan nya dapat anda liha di bawah ini 
  • Cara memeriksa dioda pada alternator sebagai berikut :
Pertama - tama kita menggunakan AVOmeter diset di ohm meter 
⇒ Memeriksa dioda positif
  • Kemudian mengubungkan dioda positif dengan teminal yang menhubungkan kumparan stator dalam hal ini posisi jarum bergerak berarti baik.
  • Selanjtnya balikan kedua probe AVOmeter pada posisi yang sama,jarum pada posisi ini harusnya tidak bergerak.
⇒ Memeriksa dioda Negatif
  • caranya sama dengan diatas yaitu dengan menghubungkan probe pada AVO meter dengan dioda negatif dan dengan terminal yang menhubungkan kumparan stator,dalam posisi ini harusnya jarum bergerak berarti baik.
  • Kemudian balikan kedua probe AVOmeter pada posisi yang sama,dalam posisi ini jarum tidak bergerak.

Pada hasil memeriksa dioda diatas yang pertama dengan memeriksa dioda positif dan dilanjutkan dengan memeriksa dioda negatif menggunakan AVOmeter,Pada langkah pertama pemeriksaan masing- masing dioda jarum bergerak dan pada langkah kedua dengan membalikan probe jarum tidak bergerak menandakan bahwa dioda dalam kondisi yang baik.
Sekian semoga bermanfaat.