script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Komponen Sistem Bahan Bakar Diesel

Sistem bahan bakar pada mesin Diesel berbeda dengan sistem bahan bakar bensin,terutama pada penggunaan bahan bakarnya untuk mesin Diesel menggunakan solar,dan komponen-komponen sistem bahan bakar Diesel juga ada beberapa perbedaan dengan Bensin.
mengenal komponen sistem bahan bakar diesel

Komponen sistem bahan bakar Diesel antara lain :

  • Tangki bahan bakar 

Merupakan komponen yang digunakan untuk menampung sistem bahan bakar,dan konstruksinya harus tertutup untuk mencegah kotoran masuk kedalam tangki dan juga terdapat ventilasi dan lubang pengisian bahan bakar.

  • Filter/Saringan bahan bakar

Kegunaan filter/saringan supaya bahan bakar bersih tidak tercampur dengan kotoran,dan juga terdapat sedimenter untuk memisahkan bahan bakar dengan air.

  • Pompa transfer bahan bakar/Priming pump.

Kegunaan dari pompa adalah untuk menghisap dan menekan,dari tangki menuju ke saringan dan dilanjutkan ke pompa injeksi.

  • Pompa Injeksi.

Berfungsi untuk menekan bahan bakar dengan tekanan yang cukup melalui elemen-elemen pompa,terdapat jenis pompa injeksi inline/sebaris dan jenis distributor.

  • Injektor/Nozzle.

Fungsinya adalah untuk menginjeksi bahan bakar sehingga keluarnya bahan bakar dalam bentuk kabut,terdapat beberapa tipe ada yang lubangnya satu dan multiple atau berlubang banyak.

  • Busi Pemanas/Glow Plug.

Berfungsi sebagai pemanas didalam ruang bakar pada waktu kendaraan start dalam kondisi dingin.untuk lebih jelasnya digunakan untuk menghidupkan kendaraan pertama kali dihidupkan atau masih dalam kondisi dingin.
Baca juga:



Dari komponen bahan bakar diesel diatas pemasukan bahan bakar dari tangki menuju saringan dalam kodisi yang kotor,sehingga msuk ke saringan/filter bersih,pompa injeksi sampai injektor/nozel dengan tekanan tinggi
Untuk lebih jelasnya,Komponen sistem bahan bakar diesel  mulai dari tangki bahan bakar,filter/saringan bahan bakar,priming pump,pompa injeksi,injektor/nozel dan sampai dengan busi pemanas/glow plug yang digunakan untuk memanaskan udara di dalam ruang bakar dikarenakan temperaturnya masih rendah.
Semoga bermanfaat.