script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Tang dan Kegunaanya

macam-macam tang dan kegunaanya

Tang merupakan jenis peralatan tangan yang digunakan untuk keperluan pekerjaan pemeliharaan dan perbaikan pada komponen otomotif,berdasarkan jenis dan macam tang terbagi menjadi beberapa bagian yang tentunya dilihat dari kegunaan dan fungsinya dapat di bedakan menjadi beberapa macam,cara mudah mengidentifikasi dan membedakan macam dan kegunaan tang antara lain:

  • Tang Kombinasi
macam-macam tang dan kegunaanya


Merupakan jenis tang yang banyak dipakai dan rata - rata kita semua mempunyai jenis tang yang satu ini,sesuai namanya tang kombinasi adalah merupakan kombinasi kegunaanya disamping untuk menjepit,membengkokan benda kerja juga dapat digunakan untuk memotong benda kerja.

  • Tang Potong.

macam-macam tang dan kegunaanya

Sesuai dengan namanya tang potong kegunanya untuk memotong kabel dan benda kerja yang lain,dan tang ini merupakan tang khusus yang digunakan untukmemotong benda kerja pada pemeliharaan dan perbaikan.

  • Tang Lancip.

macam-macam tang dan kegunaanya

Tang ini juga disebut juga dengan tang hidung panjang/long nose karena bentuk rahangnya yang panjang,dilihat dari kegunaanya tang lancip dapat digunakan untuk menjepit atau mengambil komponen yang sulit terjangkau dengan tang atau alat yang lain,misalnya untuk mengambil komponen kecil dengan sudut yang sempit.

  • Tang Circlip

macam-macam tang dan kegunaanya

Tang ini juga sering disebut tang snap ring karena kegunaan dan fungsinya untuk melepas pasang snap ring yang ada pada komponen dengan pengunci sebuah snap ring,terdapat dua jenis tang circlip yang ada yaitu tang cirklip atau snap ring luar dan dalam.

  • Tang Penjepit

macam-macam tang dan kegunaanya

Sesuai namanya tang ini digunakan untuk menjepit benda kerja dengan kekencangan,dilengkapi dengan komponen seperti baut untuk menjepit dengan kekencangan yang dapat di setel,sering juga disebut tang vice grip.

  • Tang Kabel.

macam-macam tang dan kegunaanya

Sering disebut dengan tang Crimping/crimping tool kegunaanya adalah untuk mengupas kabel,membentuk terminal dan sering digunakan pada pekerjaan kelistrikan otomotif,dilengkapi dengan lingkaran sesuai ukuran kabel yang ingin kita kupas dan juga dilengkapi dengan bagian untuk membentuk terminal pada rangkaian kelistrikan otomotif kendaraan ringan /TKR.

Dilihat dari macam dan kegunaan tang ada yang merupakan gabungan dari kegunaan seperti tang kombinasi,tang potong digunakan untuk memotong dampai dengan tang kabel yang digunakan untuk pemeliharaan dan perbaikan yang sesuai dengan jenis kegunaanya.
Semoga bermanfaat.