script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 langkah dan cara membuat huruf/teks dengan Inkscape

Membuat desain huruf menggunakan inksacpe,dapat dilakukan dengan memodifikasi tampilan huruf menjadi desain menarik,seperti membuat kaligrafi membentuk huruh dan lainya dapat kita lakukan dengan mudah, dapat menggunakan fitur created and edit text atau menu yang lain.sebagai contoh membuat huruh dibawah ini dengan menggunakan draw bezier curves langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
11 langkah dan cara membuat huruf/teks dengan inkscape


11 langkah dan cara membuat huruf/teks dengan inkscape

  1. pertama kita buka inkscape
  2. selanjutnya pilih draw bezier curves atau shift + F6 menu ini dapat juga digunakan untuk membentuk,menggambar dengan klik mouse kiri kemudian arahkan sesuai yang kita inginkan,selanjutnya tahan dan lanjutkan lagi,misal kita ingin membentuk kotak ada empat langkah dari garis satu,dua sampai garis empat.jika kita membuat huruf juga sama sesuai dengan huruf yang akan kita buat. 
  3. selanjutnya lakukan seperti menggambar atau membentuk huruf,misalnya kita akan membuat huruf A kita buat pola dasar huruf A dengan menggunakan cara seperti diatas,dan jika sudah menjadi huruf A selanjutnya kita tinggal edit huruf tersebut menjadi huruf yang kita inginkan.
  4. untuk membentuk huruf dan memodifikasi klik edit path by nodes (F2)untuk memodifikasi kita akan membentuk huruf melalui tombol tersebut.
  5. kemudian bentuk sesuka kita melalui titik dan garis-garis sehingga membentuk huruf,setelah itu kita tinggal membentuk garis misalnya di buat melengkung,titik-titiknya dibuat dan dimodifikasi menjadi bentuk-bentuk tertentu sehingga tampilanya menjadi huruf A yang berbeda dengan huruf yang pertama kita buat.
  6. Setelah itu tinggal mewarnai sebuah huruf dengan memilih warna yang kita suka.
  7. selanjutnya jika kita ingin membuat huruh/teks dengan menu created and edit texs objec atu pilih tombol yang ada huruf A.
  8. ketikan kata teks yang kita inginkan,misalnya membuat kata belajar mudah
  9. pilih font misalnya pilih script MT bold
  10. pilih ukuran font misalnya pilih ukuran 144
  11. untuk memberi warna kita pilih fill bounded areas,untuk memadukan warna.,kemudian save as pilih cairo PNG

Dengan menggunakan menggabungkan fitur bezier curve dan edit path by nodes,kemudian kita edit dan bentuk menjadi bentuk yang kita inginkan seperti membuat sebuah huruh dapat dilakukan dengan mudah .