script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisis butir soal secara Rasional dan Empiris

analisis butir soal secara rasional dan empiris

Analisis butir soal secara Rasional  dan Empiris.
➥Pengertian Analisis butir soal.
Apa itu analisis butir soal ? adalah merupakan cara untuk mengetahui tentang kebaikan butir soalyang telah di buat dan selanjutnya untuk di lakukan perbaikan paada soal yang telah di uji cobakan.

➥Contoh,macam dan teknik analisis butir soal.
terdapat beberapa macam analisis butir soal yang dapat di gunakan dalam menganalisis butir soal antara lain :

  • Analisis Rasional

Pada analisis rasional hanya di dasarkan pada pertimbangan rasio dan tanpa di uji cobakan dan hanya berdasarkan pada kebaikan dan kesesuaian dengan RPP atau Rencana Program Pembelajran semata.
analisis butir soal secara rasional dan empiris


  • Analisis Empiris

Analisis ini didasarkan pada ukuran statistik hasil uji coba dan terdapat beberapa tolok ukur yang meliputi :
→Tingkat kesukaran
tingkat kesukaran yang baik menurut analisis empiris adalah setiap butir soal tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah,karena  jika soal terlalu sulit akan membuat siswa putus asa dan tidak termotivasi.

→Daya Beda
Untuk membedakan peserta test yang pandai,sedang dan bodoh dan contoh jika di hitung dengan statistik terdapat siswa kelompok unggul dan siswa kelompok asor

→Efektifitas distraktor
erupakan faktor pengecoh pada jawaban contohnya yang pada soal pilihan ganda seperti jawaban a,b,c,d agak mirip dengan jawaban e atau kunci jawaban.

Dari contoh,teknik dan parameter analisis butir soal diatas yang paling baik untuk mengukur butir soal tentunya analisis  empiris di pandingkan dengan rasio karena melalui hasi uji coba dan selanjutnya dapat di ketahui untuk melakukan perbaikan pada butir soal dan dapat di masukan menjadi sebuah Bank soal yang telah melalui uji coba menggunakan data statistik.
Semoga bermanfaat.