script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP TKR(TOKR) Kelistrikan Kurikulum 2013 revisi

rpp tkr/tokr kelistrikan kurikulum 2013 revisi

RPP TKR/TOKR Kelistrikan Kurikulum2013 revisi
Merupakan Rencana Program pembelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Teknik Otomotif kurikuum 2013 revisi yang mempelajari tentang kelistrikan kendaraan ringan mulai dari mendiagnosis untuk  kompetensi dasar 3 atau pengetahuan dan memperbaiki untuk kompetensi dasar 4 atau ketrampilan.

Pada RPP Kelistrikan Kelas  XII TOKR KURIKULUM 2013  revisi 2017 terdiri antara lain :

  • Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar 
  • Tujuan Pembelajaran
  • Materi Pembelajaran
  • Pendekatan,Srategi dan Medode Pembelajaran
  • Pada langkah-langkahnya terdapat kegiatan Pembuka ,inti dan penutup
  • Alat dan Media yang digunakan dalam pembelajaran
  • Sumber Belajar
  • Penilaian Pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NamaSekolah                    : SMK ........................
Mata Pelajaran                 : Pemeliharaan Kelistrikan Kendaran Ringan
Komp.Keahlian                 : TeknikKendaraanRingan
Kelas / Semester              : XII/ 5 ( gasal )
TahunPelajaran                                : 2017 / 2018
AlokasiWaktu                    :  8x 45 menit

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
3. Memahami,menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasionaldasar, dan meta kognitif sesuai denga n bidang dan lingkup kerja Teknik Kendaraan R ingan Otomotif. Pada tingkat  teknis, spesifik, detil, dankompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, duniakerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standard kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, danmenyajisecaraefektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dansolutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerakmahir, menjadi kangera kalami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, sertamampumelaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar

3.1 Mendiagnosis kerusakan system kelistrikan dan kelengkapan tambahan
3.1 Memperbaiki system kelistrikan dan kelengkapan  tambahan 40 Memperbaiki Sistem Kelistrikan
3.2 Mendiagnosis kerusakan sistem starter
3.2 Memperbaiki sistem starter 16 MemperbaikiSistem Starter danPengisian
3.3 Mendiagnosis kerusakan sistem pengisian
3.3 Memperbaiki sistem pengisian 32 MemperbaikiSistem Starter danPengisian
3.4 Mendiagnosis kerusakan sistem pengapian konvensional
3.4 Memperbaiki sistem pengapian konvensional 24 Memperbaiki Sistem Pengapian
3.5 Mendiagnosiskerusakan sistem pengapian elektronik
3.5 Memperbaiki sistem pengapian elektronik 32
3.6 Mendiagnosis kerusakan sistem penerangandan panel instrumen
3.6 Memperbaiki sistem penerangandan panel instrument 32 Memasang, Menguji dan Memperbaiki SistemPenerangandan Wiring
3.7 Mendiagnosis kerusakan sistem Air Conditioning (AC)
3.7 Memperbaiki sistem Air Conditioning (AC) 24 MemasangSistem A/C (Air Conditioner)
3.8 Mendiagnosiskerusakan sistem audio
3.8 Memperbaiki sistem audio 24 Memasang Perlengkapan Kelistrikan Tambahan (Asesories)

Indikator Pencapaian Kompetensi
§  Mendiagnosis dan memperbaiki system kelistrikan tambahan dan system starter pengisian

Tujuan Pembelajaran
·         Setelah berdiskusi dan menggali informasi,peserta didik dapat menjelaskan jenis – jenis system kelistrikan tmbahan system starter dan system pengisisan dengan buku maupun melalui internet dan media yang lain.

Materi Pembelajaran
Ø  Jenis – jenis system kelistrikan tambahan dan system starter pengisian
Dan penerapanya
Ø  Fungsi  kelistrikan tambahan dan system starter pengisian
Ø  Cara mendiagnosis dan memperbaiki system kelistrikan tambahan dan system starter pengisian
Pendekatan,Srategidan Metode
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik,pembelajaran cooperative learning,menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem based learning)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Kegiatan guru
Kegiatansiswa
Alokasiwaktu

1.guru membuka pembelajaran dengan meminta berdoa,menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian menyapa dan menanya keadaan siswa.
2. Guru membeikan infomasi tentang tujuan pembelajaran,srategi,serta cara penilaian kompetensi yang dipelajari.
3. Sebagai apersepai untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikirkritis siswa diajak memecahkan masalah pembelajaran yang akan dibahas.
Siswa yang ditunjuk  langsung memimpin doa dan bersama – sama berdoa.
Menyanyikan lagu Indonesia Raya.


Siswa memperhatikan penjelasan guru



Siswa diajak memecahkan masalah
30 menit
Inti
1.       Guru membagi siswa dalam 5 kelompok dan mempunyai kemampuan yang berbeda.
2.       Guru Memberikan Materi Diskusi


3.       Selama diskusi guru mendorong siswa untuk terlibat diskusi,mengarahkan bila ada siswa yang melenceng jauh dari pekerjaanya.
4.       Guru memintahasil diskusi dipresentasikan.
5.       Guru mengumpulkan semua hasil diskusi
6.       Dengan Tanya jawab guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan akhir materi pembelajaran dan menjawab evaluasi hasil diskusi.

Siswabergabungdengankelompoknyamasing-masing.



Siswa mendiskusikan materi Yang telah ditentukan .

Siswa mendiskusi kandengan Tanya jawab didalam kelompok







Siswa mempresentasikan hasil diskusi



Siswa didampingi guru menyimpulkan hasil diskusi
170 Menit
Penutup
1.       Siswa diminta memberikan kesimpulan hasilPembelajaran

2.       Guru mengakhiri kegiatan belajar dan member informasi tentang topic pada pertemuan berikutnya.
Siswa memberikan kesimpulan




25 menit

Alat / Bahan Media Pembelajaran
v  LCDProyektor,internet
v  Jenis sistemkelistrikan tambahan dan system starter pengisian
SumberBelajar
§  Sasongko.2013.Pekerjaan DasarTeknikOtomotif.Jakarta.Kemendikbud.
§  Buku refernsi,Modul dan artikel yang terkait dari Internet.
§  Buku manual servis kendaraan dan  referensi yang lain.

Penilaian Pembelajaran
TeknikPenilaian :Pengamatan/observasi,test tertulis,penialian unjuk kerja,portopolio
Prosedur Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Instrumen Penilaian
1
Soal pilihan ganda / essay
Tes tertulis
Tugas,tes tertulis ,test lisan
2
Mengamati siswa praktek da nmelihat hasi lkerja
Observasi,unjukkerja Psikomotorik
Lembarkerja PenilaianPraktik,proyek ,portopolio


Purworejo, ..................
Mengetahui                                                                                         Guru Mapel
KepalaSekolah                                                                                                                 

................................                                                                            ................................
  




Mendiagnosa dari  sistem kelistrikan tambahan sampai dengan sistem AC dan kelistrikan tambahan yang berbeda dengan kurikulum KTSP dalam proses pembuatan RPP yang secara garis besar adalah sama sehingga di revisi untuk perbaikan seperti kuri kulum 2013 revisi 2017

RPP kelistrikan TKR/TOKR pada kurikulum 2013 revisi  adalah merupakan contoh membuat RPP  untuk kelas XII yang sudah menggunakan Kurikulum 2013 revisi.
Semoga bermanfaat