script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instrumen Penilaian Praktik Kinerja HOTS kurikulum 2013 revisi

instrumen penilaian praktik kinerja hots kurikulum 2013 revisi

Pada proses penilaian ketrampilan terdapat beberapa instrumen yang di gunakan untuk menilai atau mengukur peserta didik dengan menggunakan beberpa instrumen seperti penilaian kinerja,penilaian produk dan penilaian proyek,di mulai  dari KD (Kompetensi Dasar) kemudian Materi dan Indikator untuk membuat Instrumen penilaian.
instrumen penilaian praktik kinerja hots pada kurikulum 2013 revisi

Instrumen penilaian kinerja praktik digunakan beserta rubrik penilaian dengan skala 0 sampai dengan 4 dan juga membuat analisis hubungan penilaian kinerja dengan proses pembelajaran HOTS(Higher Order Thinking Skills) yang berisi tentang IPK atau indikator pencapaian kompetensi,aspek /kriteria dan aktivitas.

instrumen penilaian praktik kinerja hots kurikulum 2013 revisi


Dalam aktivitas sendiri terdapat beberapa istilah yang digunakan seperti TK (transfer knowledge)atau mentransfer pengetahuan,CC(critical thinking dan creativity) atau berpikir kritis dan kreatif serta PS(problem solving)atau penyelesaian masalah ketika melakukan penilaian terhadap siswa.

Dengan menggunakan instrumen penilaian berbasis HOTS atau penilaian ketrampilan tingkat tinggi diharapkan siswa atau peserta didik mampu berpikir kritis,kreatif dan dapat memecahkan permasalahan terutama pada contoh di atas dengan penilaian kinerja praktek pada kompetensi dasar 4 atau ketrampilan memperbaiki sistem starter dan pengisian.
Semoga bermanfaat