script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Kunci bengkel beserta fungsinya

macam macam kunci bengkel beserta fungsinya


➥Pengertian dan Fungsi kunci bengkel 
Kunci bengkel merupakan sebuah alat yang di gunakan untuk mengencangkan dan mengendorkan mur dan baut terutama sering kita jumpai dengan dalam pekerjaan di bidang Otomotif yang sering menngunakan kunci sebagai peralatan atau sering juga di sebut dengan peralatan tangan.

➥Macam dan jenis kunci bengkel yang sering di gunakan antara lain :
  • Kunci Pas
Kunci ini digunakan untuk mengendorkan dan mengencangkan mur dan baut sama juga dengan kunci lain,akan tetapi kunci pas pada rahangnya di buat dan jika digunakan pada pekerjaan mengencangkan baut dan mur.tetapi kunci pas disarankan di gunakan jika tidak terdapat kunci yang lain seperti kunci ring.Mengapa demikian karena hanya mencakup 2 sisi baut saja sehingga kurang kencang dan dapat menyebabkan keausan dan tepeleset.
macam macam kunci bengkel beserta fungsinya

  • Kunci Inggris (Adjustable Wrench)
Kunci ini memiliki rahang yang dapat di setel dan dapat menyesuaikan dengan ukuran mur atau baut yang kita gunakan,akan tetapi penggunaan kunci inggris di gunakan jika tidak ada kunci yang lain masalahnya sama dengan kunci pas yang hanya mencakup 2 sisi mur dan baut saja.

  • Kunci Kombinasi
Merupakan gabungan dari kunci pas dan ring di satu sisi rahangnya menggunakan kunci pas dan sisi yang lain menggunakan kunci ring  dalam satu set terdiri dari ukuran terkecil sampai yang terbesar.
  • Kunci Ring
Kunci ini pada rahangnya di lengkapai dengan 12 mata sudut yang dapat mencengkram kuat semua sisi baut dan mur sehingga lebih kuat  dan aman tidak menyebabkan keausan pada mur dan baut.
  • Kunci Sok
Pada kunci ini juga dapat mencekram semua sisi baut dan aman di gunakan untuk melepas pasang baut,di lengkapai juga dengan beberapa tangkai yang di gunakan untuk pekerjaan dan dapat di sesuaiakan dengan memasang tangkai yang cocok dengan pekerjaan kita.

  • Kunci L atau Allen
Kunci ini digunakan untuk mengencangkan dan mengendorkan mur baut menggunakan kunci L
dan berbentuk siku segi enam dan juga dilengkapai dengan berbagai contoh yang lain seperti kunci L bintang.

Macam- macam kunci bengkel di atas di gunakan untuk mengencangkan dan mengendorkan mur dan baut dan dengan mengetahui berbagai macam kunci bengkel baik di gunakan sesuai dengan fungsinya serta dapat digunakan agar tidak menimbulkan kerusakan dan keausan pada mur dan baut.