script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penilaian berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills )

ciri-ciri,model jenis penilaian  hots

Penilaian berbasis HOTS(Higher,Order,Thinking,Skills)
Pada proses belajar mengajar dilakukan proses penilaian atau evaluasi yang bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa atau peserta didik sehingga sangat penting dilakukan oleh pendidik dalam melakukan proses penilaian,dan sekarang sudah banyak menggunakan penilaian berbasis atau berorientasi pada penilaian HOTS untuk melakukan penilaian.

➦Pengertian Penilaian HOTS
macam model peniilaian hots

  • Menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 57 menyatakan bahwa evaluasi di laksanakan dalam rangka pengendalian mutusecara Nasional sebagai bentuk akuntabilitas.Sehingga penilaian adalah merupakan sarana untuk mengukur hasil proses pembelajaran baik sikap,pengetahuan dan ketrampilan.
  • HOTS(Higher,Order,Thinking,Skills) adalah merupakan ketrampilan berpikir tingkat tinggi seperti menalar,menganalisa dan mengevaluasi sehingga siswa terbiasa dengan soal-soal dan pembelajaran pada ketrampilan tingkat tinggi,sehingga siswa diharapkan mendorong siswa untuk berpikir kritis.


➥Ciri-ciri dan Instrumen penilaian berbasis HOTS

  • Penilaian Sikap 

Ada penilaian sikap kurikulum 2013 didasarkan pada penilaian peserta didik agar berperilaku yang baik dilakukan pendidik dalam bentuk jurnal dan catatan.dan teknik penilaianya berupa observasi,wawancara catatan anekdot dan jurnal harian yang di catat secara harian sepertibutir sikap kerjasama,beribadah,percaya diri dan yang lain.

  • Penilaian Pengetahuan 

Dalam penilaian pengetahuan dilakukan dengan membuat soal berbasis HOTS seperti memecahkan masalah,menemukan,metode baru,berargumen dan mengambil keputusan yang tepat,Dimansi yang dipakai adalah dari Bloom yang telah disempurnakan oleh Anderson dan Krtwohl(2001)yaitu :

  • mengetahui-C1
  • memahami-C2
  • menerapkan-C3
  • menganalisis-C4
  • mengevaluasi-C5
  • mengkreasi-C6

Dan penilaian HOTS adalah dari menganalisis,mengevaluasi dan mengkreasi yang di uraikan dalam kaa kerja operasional /KKO.

Dari taksonomi diatas di bagi menjadi beberapa level antara lain :

  • Level 1 adalah pengetahuan dan pemahaman
  • Level 2 adalah aplikasi
  • Level 3 adalah penalaran

Dimana untuk level 1 termasuk dalam katagori mudah,level 2 katagori sedang dan level 3 katagori tinggi.dan yang termasuk dalam penilaian HOTS yangdi maksud adalah pada level 3.

Sedangkan untuk langlah-langkahnya mulai dari menganalisis KD yang akan di buat HOTS,
menyusun kisi-kisi soal,sampai dengan membuat rubrik penskoran dan kunci jawaban.

  • Penilaian Ketrampilan

Dalam penilaian ketrampilan dengan menggunakan teknik penilaian prakti,produk,proyek langkahnya dimulai dari menganalisis KD yang akan di buat sampai dengan pembuatan instrumen dan rubrik penilaian.

Penilaian HOTS/Higher,order,thinking dan skills merupan penilaian tingakt tinggi yang diharapkan dapat membuat peserta  didik kritis,kreatif yang dilakukan oleh pendidik dalam melaksanakan evaluasi atau penilaian.