script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Bentuk dan jenis karya tulis ilmiah

6 bentuk dan jenis karya tulis ilmiah

Bentuk dan jenis sebuah karya dapat dikatakan sebagai karya ilmiah adalah tulisan yang dasari dari hasil pengamatan,peninjauan dan penelitian serta disusun dengan metode tertentu dengan sistematika laporan dapat di pertanggung jawabkan isinya.

Bentuk bentuk dan jenis karya ilimiah sering dilakukan para guru untuk keperluan kenikan jabatan,angka kredit,sertikasi dan keperluan yang lain seperti untuk pembelajaran antara lain adalah :


  • 1. Buku
Menurut Suharsimi arikunto ,2007,Buku merupakan karya tulis ilmiah yanga sarat berisi pengetahuan yang digunakan sebagai objek an bahas dalam proses pembelajaran.terdiri dari Buku,Pegangan Guru,Buku Pelajaran dan buku referensi di perpustakaan.
  • 2. Artikel jurnal
artikel ilmiah merupakan karangan yang menyajikan permasalahan atau pengetahuan keilmuan dan ditulis menurut tata cara penulisan tertentu dengan baik baik dan benar.terdapat karya tulis ilmiah hasil pemikiran ,artikel ilmiah penelitian,artikel ilmiah populer.
  • 3. Majalah
Majalah sering disebut juga dengan berita yang disusun agak berbeda dengan jenis surat kabar yang dapat untuk menulis berita artikel di majalah.
  • 4. Surat kabar
Penulisan artikel dengan menggunakan surat kabar bagi para guru yang di muat merupakan juga jenis karya ilmiah yang di gunakan untuk menulis berbagai artikel.
  • 5. Modul
Adalah sebuah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara ditulis sedemikian rupa sehingga mudah di pelajari,kehadiran modul di harap kan dapat mengganti kehadiran guru karena disusun secara jelas dilengkapi dengan langkah dan petunjuk.
menurut (Arikunto ,2007) odul dapat di bagi menjadi :
  1. Modul yang isinya lengkap sehingga siswa sudah dapat menguasai semua pengetahuan tanpa harus menambah dari sumber lain.
  2. Modul yang isinya belum lengap tidak atau belum lengkap dan harus menccari sumber lain.
  • 6. Diktat.
Diktat merupakan catatan tertulis suatu mata pelajaran atau bidang studi yang di persiapkan guru untuk mempermudah dan memperkaya materi,dan merupakan sebuah catatan atau ringkasan untuk mengajar.

Dari bermacam karya ilmiah di atas yang paling mudah dilakukan adalah dengan membuat diktat yang merupakan catatan mengajar,sedangkan modul di gunakan untuk sarana mengajar membatu siswa belajar mandiri dengan dilengkapi petunjuk yang jelas yang dilakukan oleh para guru untukberbagai keperluan seperti kenaikan jabatan,dan keperluan mengajar.

Posting Komentar untuk "6 Bentuk dan jenis karya tulis ilmiah"