script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat soal dan contohnya dengan jenjang intelektual

cara membuat soal dan contohnya dengan jenjang intelektual

Cara membuat sebuah soal dengan dan beberapa contoh dengan masing-masing jenjang intelektual yang digunakan untuk mengukur aspek inteltual sebuah soal yang pada dasarnya sebuah soal dikatakan baik apabila tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah,akan tetapi sebelum membuat soal harunya juga dikur dengan aspek intelektualnya.

Artinya atau lebih mudah untuk dipahami yaitu dengan menulis butir-butir soal yang akan ditulis harus dapat mengukur aspek intelektual menurut bloom yang belum di perbaharui seperti ingatan,pemahaman,penerapan,analisis,sintesis,evaluasi.

→Contoh soal dan aspek intelektual yang dapat diukur antara lain adalah :

  • Tahun berapakah ditemukanya motor Diesel? 

Aspek intelektulanya adalah ingatan (C1) yaitu tanggal,gejala,rumus dan sebagainya dikatan dengan jenjang yang mudah karena ingatan.

  • Jelaskan dengan kalimat,apakah arti setiap kode baterai !
Aspek intelektual adalah pemahaman (C2)atau dengan jenjang yang sedang untuk jenjang aspek yang diukur artinya tergolong soal yang sedang.
  • Berapakah besarnya kuat arus yang mengalir pada sebuah hambatan 5 ohm dari sebuah baterai ?
Aspek intelektual yang diukur adalah penerapan (C3) yang jika diukur termasuk katagori sukar untuk pertanyaan tersebutyaitu kemampuan  setingkat lebih tinggi dari pemahaman.
  • Dari tabel kerja motor 4 tak buatlah gambar kerja diagram motor 4 tak?
Aspek yang diukur adalah (C4) adalah kemampuan seseorang setingkat lebih tinggi dibanding penerapan yaitu kemampuan untuk merinci atau menguraikan suatu bahan/komponen.
  • Buatlah gambar sistematis sistem pengapian konvensional ?
adalah kemampuan berpikir kebalikan dari analisis yaitu proses memadukan bahan-bahan dan aspek intelektualnya (C5) Sintesis.
  • Bagaimanakah pendapat anda jika kondisi mesin tidak dapat hidup tetapi motor starter bekerja dengan baik dan apakah solusinya?
Aspek intelektual yang diukur adalah (C6) atau evaluasi adalah kemampuan berpikir untuk mendapat pertimbangan terhadap suatu situasi.

Dengan cara membuat soal dan mengukur jenjang aspek intelektualnya kita dapat membuat soal dengan baik  dan benar sesuai dengan aspek yang diukur pada sebuah soal dimana ada tingkat kesulitan mudah,sedang dan sukar dalam persen.

Posting Komentar untuk "Cara membuat soal dan contohnya dengan jenjang intelektual"