script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

langkah-langkah evaluasi pembelajaran ketrampilan (psikomotorik)

langkah langkah evaluasi pembelajaran ketrampilan (psikomotorik)

Langkah -langkah untuk mengevaluasi bagi guru khususnya dalam pembelajaran praktik atau pembelajaran ketrampilan aspek psikomotorik berbeda dengan aspek kognitif,evaluasi atau penilaian adalah serangkaian penilaian kompetensi siswa dalam bidang praktik.

Langkah-langkah menurut simpsosn adalah dengan persepsi adanya dasar suatu obyek,kesiapan,respon,mekanisme,respon kompleks,adaptasi,keaslian yang merupakan evaluasi ketrampilan.

Sedangkanmenurut jeffrey ketrampilan komunikatif,ketrampilan observasi,ketrampilan investasi,ketrampilan mendokumentasikan,ketrampilan manipulasi,kedisiplinan kerja.

sedangkan menurut grounlund ada empat macam tes ketrampilan antara lain adalah paper and pencil,identifikasi,permainan similasi dan work sample.
Berdasarkan pernyataan diatas kiranya bagi guru sebelum melaksanakan test ketrampilan harus mempertimbangkan beberapa hal seperti :
  • menetapkan deskrepsi ketrampilan yang akan diukur
  • menyeleksi tingkat realitas suatu kondisi test
  • mempersiapkan instruksi yang jelas
  • mempersiapkan bentuk dan cara mencatat hasil observasi ketrampilan
  • menetapkan rumus dan metode atau penskoran 
Jadi sebelum menilai atau mengvaluasi ketrampilan perlunya langkah diatas mulai menetapkan deskrepsi yang akan diukur menurut kompeteni dasar,sampai dengan menetapkan rumus untuk memberi skor atau nilai.

Secara garis besar penilain ketrampilan ada dua macam yaitu dengan rating scala atau penilaian dengan skor sampai dengan 100 dan penilaian dengan menggunakan ceklis dengan skala sampai 4 yang dapat digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi ketrampilan.

dengan langkah -langkah penilaian atau evaluasi dalam praktik shingga dapat menilai atau mengevaluasi dengan secara obyektif dan transparan sehingga hasil evaluasinya berbobot baik dan mempunyai kualitas baik denganlangkah yang benar.

Posting Komentar untuk "langkah-langkah evaluasi pembelajaran ketrampilan (psikomotorik)"