script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah model pembelajaran inovatif debate

langkah model pembelajaran inovatif debat

Debate atau sering di sebut debat dapat di jadikan pembelajaran inovatif dan merupan model untuk pembelajaran inovatif yang dapat dilakukan oleh guru sebagai model dan metode mengajar yang inovatif dengan mendebatkan materi pelajaran untuk mencari titik temu dengan baik.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Guru membagi dalam 2 kelompok besar peserta debat yang satu pro yang satu kontra.
  • Selanjutnya memberi tugas materi yang ingin diperdebatkan oleh kedua kelompok diatas
  • setelah membaca materi selanjutnya guru memberikan atau menunjuk kepada yang pro dan kemudian ditanggapi oleh kelompok yang kontra dan demikian terus sampai sebagian besar mengemukakan pendapatnya.
  • Sambil siswa menyampakan gagasanya guru menulis ide-ide atau inti dari setiap perdebatan.
  • dan gurumenambahkan konsep/ide yang belum terungkap.
  • dan di akhir penutup guru bersama siswa merangkum dan membuat kesimpulan dari hasill perdebatan dan data-data yang diungkapkan.
Dengan model pembelajaran secara inovatif dengan debat diharapkan siswa secara mandiri dan berani mengemukakan pendapatnya masing-masing baik yang pro maupun yang kontra dengan topik atau materi yang di perdebatkan.

Model pembelajaran debat yang inovatif dapat dikembangkan dan dilakukandengan membagi 2 kelompok besar dan menunjuk yang pro dan titanggapi dengan yang kontra dan menyimpulkan serta memasuki konsep ide materi yang perdebatkan untuk mencari rangkuman dankesimpulan.

Posting Komentar untuk "Langkah model pembelajaran inovatif debate"