script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Sensor sensor pada sistem pengapian komputer mesin EFI

sensor sensor pada sistem pengapian komputer mesin efi

Mesin EFI (Electronic Fuel Injection) banyak terdapat sensor-sensor terutama pada sistem pengapian komputer terdapat beberapa sensor yang dapat mendukung kerja dari sistem pengapian komputer yang berfungsi mengirim sinyak ke ECM atau ECU pada mesin EFI.

Seperti di ketahui pada kendaraan sekarang terbaru rata-rata untuk mesin bensin sudah menggunakan EFi serta diesel juga sudah menggunakan model baru seperti common rail yang lebih irit serta mengurang getaran yang berlebihan suaranya juga halus.

Berikut beberapa sensor penting dalam sistem pengapian komputer,Mengapa di sebut pengapian komputer untuk lebih memahami bahwa kinerja dari pengapian komputer seperti sebuah komputer yang dapat mengirim sinyal melalui beberpa sensor dan masuk ke ECM dan mengirim sinyak ke sistem pengapian dan jika terjadi kerusakan dapat dengan terdetek oleh kedipan lampu pada dashbord dan dapat di scan menggunakan scanner atau kabel jumper untuk scan.

1. MAP (Manifold Absulute Pressure)
MAP merupakan sebuah sensor yang mengirim sinyal VG atau pim menuju ke ECM/ECU(Electronic Controle Module) yang bersfungsi menyensor tekanan pada intake manifold..

2.Camsshaf dan Crankshaft sensor
Camshaft merupakan sensor poros cams atau poros nok dan crakshaft adalah poros engkol yang mengirim sinyal NE G1 menuju ke ECM.

3. Engine coolent temperatur sensor
Digunakan untuk mengukur suhu pendingin mesin yang mengirim sinyal THW menuju ke ECM dan tidak seperti konvensional pada mesin EFI suhu pendingin juga dapar diatur supaya stabil.

4. Throtle Position Sensor/TPS
Throtle adalah sebuah katup gas jadi sensor ini untuk memantau posisi throtlr atau katup gas terbuka atau terutup mengirim sinyal VTA IDL menuju ke ECM

5. Knock sensor
Sensor ini di gunakan untuk mengurangi knocking atau detonasi atau panas yang berlebihan jika terjadi hal tersebut secara otomatis pengapian akan dimundurka dan dimajukan tergantung dari knoc sensor yang tidak seperti konvensional yang masih menggunakan vacum dan goovernor advencer untuk pemajuan saat pengapian.

Dengan sensor-sensor seperti MAP,cmshafdan crankshaft,engine coolent,TPS dan knock yang berfungsi menukung kinerja dari sistem pengapian komputer atau mesin EFI yang pada semua komponen sudah menggunakan sensor 

Posting Komentar untuk "5 Sensor sensor pada sistem pengapian komputer mesin EFI"