script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah Mengenal 8 jenis kecerdasan siswa untuk mengarahkan menjadi lebih baik


cara mudah mengenal 8 kecerdasan siswa untuk mengarahkan menjadi lebih baik

Apa yang terlintas di benak kita jika berbicara tentang kecerdasan? pastinya kita kebanyakan berpikiran bahwa kecerdasan cenderung dengan nilai akademik yang baik saja dan kebetulan saya sendiri membaca beberapa buku dan dari berbagai sumber yang mengemukakan tentang berbagi macam kecerdasan yang ada pada para siswa.
Melihat dari teori Gardner bahwa kecerdasan itu terdiri dari berbagi bidang,sehingga perlu untuk mengenali juga kelebihan dan kekurangan pada setiap peserta didik / siswa.
Sehingga nantinya diharapkan siswa dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik sesuai dengan kelebihan yang dimilikinya.
Ada salah satu tokoh Psikologi Pendidikan mengemukakan konsep Multiple Intellegence / kecerdasan majemuk.bahwa kecerdasan meliputi beberapa bidang antara lain :
1.Kecerdasan Linguistik.
memiliki kepekaan pada bunyi,struktur,makna fungsi kata dan bahasa.
hal ini berkaitan dengan kemampuan menulis,berdiskusi,berbicara,berdebat,beraargumentasi.
intinya merupakan kecerdasan berbahasa dengan kemampuan yang baik tentang bahasa .
Tokoh yang cerdas bahasa : Agatha Cristie,JK Rowling
2.Kecerdasan Logis - Matematis
memilik kepekaan pemahaman pola - pola logis atau numeris 
berkaitan dengan berhitung,berpiir logis,memecahkan masalah merancang ,menyusun anggaran dll
Kecenderungan memiliki kelebihan pada proses dari menghitung,sampai dengan merancang kemudian membuat sesuatu.
Tokoh cerdas logika - matematika : Albert Einstein
3.Kecerdasan Spasial
memiliki kepekaan merasakan dan membayangkan dunia gambar dan ruang secara akurat.
berkaitan dengan kemampuan ,menggambar,memotret,membuat presentasi visual dll.
memiliki kemampuan dalam menggambar yang baik.
Tokoh cerdas Spasial : Leonarddo da Vinci
4.Kecerdasan Musikal
memiliki kepekaan dan kemampuan menciptakan lagu,membentuk irama,mendengarkan nada dari sumber bunyi atau alat musik.
memiliki kecerdasan yang berhubungan dengan musikal dan lainya.
Tokoh Cerdas Musikal : Ludwig van Beethoven.
5.Kecerdasan Kinestik
memiliki kemampuan mengontrol gerak tubuh ,kemahiran mengolah objek,respon dan reflek.
berkaitan dengan gerak motorik dan keseimbangan.
Tokoh cerdas Kinestik : Maradona
memiliki kelebihan pada bidang olahraga dan lainya.
6.Kecerdasan Interpersonal
berkaitan dengan kepekaan mencerna merespon secara tepat suasana hati,motivasi, dll.
Tokoh cerdas interpersonal : Winston Churchill.
7.Kecerdasan Intrapersonal
berkaitan dengan memutuskan bekerja sendiri,mempromosikan diri,menetapkan tujuan,menyusun sasaran,mengevaluasi/menilai ,berintropeksi,memahami diri,dll
8.Kecerdasan Natural ( Alam )
memiliki keahlian membedakan anggota spesies,memetakan baik secara formal dan non formal.
berkaitan dengan meneliti gejala - gejala alam,mengklasifikasi,identifikasi.
Tokoh cerdas Alam : Louis Pasteur.
memiliki kecerdasan yang berhubunganya dengan alam.
Dari beberapa pernyataan diatas menunjukkan bahwa setiap individu siswa sebenarnya memiliki kecerdasan yang dapat di arahkan dan dioptimalkan dengan mengikuti seperti berbagai macam ekstrakurikuler dan pengembangan lainya untuk melatih siswa  supaya menjadi pribadi yang lebih baik kelak kemudian hari,sehingga dapat meningkatkan sumber daya manusia yang lebih baik lagi dimasa depan yang dapat berguna bagi kemajuan bangsa,serta meningkatkan daya saing di kelak kemudian hari.
sekian dan terima kasih.









Daftar pustaka :

LianiKadarsih.Power Full in Educating.Yogyakarta.Araska.2012
dan dari berbagai sumber