script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sintaks model Pembelajaran Problem based learning

sintaks model pembelajaran problem based learning
→Pengertian Model Based Learning
Cara mudah memahami pengertian Pembelajaran problem based learning(PBL)merupakan pembelajaran berbasis masalah,dengan pembelajaran dengan mengarahkan peserta didik untuk dapat menemukan permasalahan dari mulai mengidentifikasi permasalahan sampai dengan memecahkan masalah.

sintaks model pembelajaran based learning


→Langkah-langkah Pembelajaran Problem Based Learning.
  • Konsep dasar.
Guru berperan sebagai fasilisator dengan membimbing siswa belajar, memberikan petunjuk,konsep dasar dan referensi yang di perlukan oleh peserta didik sebagai sumber informasi yang digunakan untuk panduan mencari dan mengidentifikasi masalah atau problem yang dapat di kembangkan secara mandiri oleh siswa atau peserta didik.
  • Pendefinisian masalah.
Guru atau fasilisator menyampaikan skenario pembelajaran atau sebuah permasalahan yang ingin dipecahkan dan peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya.sehingga siswa dapat menyampaikan pendapatnya tentang masalah yang ingin dipecahkan.
  • Pembelajaran mandiri.
Setelah itu Peserta didik mencari dari berbagai sumber dapat dari buku,artikel dan sumber yang lain yang relevan dengan masalah yang ingin di capai.dan mendiskusikan dengan kelompoknya dan menyajikan dalam sebuah presentasi yang relevan dengan tujuan pembelajaran.
  • Pertukaran pengetahuan.
Peserta didik menyajikan sebuah presentasi dari hasil diskusi selanjutnya di simpulkan dan disajikan dalam sebuah presentasi.diharapkan dengan pertukaran pengetahuan antar siswa mampu untuk menemukan problem atau masalah yang ingin dicapai.
  • Penilaian
Penilaian dilakukan dengan pengetahuan dan ketrampilan,kecuali untuk mata pelajaran pendidikan agama dan PKn yang meliputi sikap,pengetahuan dan ketrampilan,Contoh penilaian dapat berupa Ulangan atau evaluasi,UTS,Quiz dan lai-lain.yang sesuai dengan pembelajaran.


→Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning.
  • Menjelaskan Peserta didik pada Permasalahan
yang sesuai dengan tujuan pembelajaran,dan di jelaskan secara detail serta rinci sehingga mudah di pahami peserta didik,selanjutnya memotivasi peserta didik .Antara lain:
  1. tujuan utama pembelajaran
  2. permasalahan
  3. mencari informasi
  4. analisis dan penjelasan
  • Peserta didik diorganisasikan untuk belajar 
Guru memulai pembelajaran dengan membagi kelompok dan mengorganisasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan memecahkan masalah atau problem sehingga nantinya dapat menyelesaikan masalah tersebut.
  • Membantu penyelidikan mandiri dan kelompok.
Guru mengajukan pertanyaan untuk berpikir kepada peserta didik,dan membatu peserta didik mudah dalam mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan juga dapat membatu siswa mencari bahan referensi atau menyediakan sumber belajar.
  • Mengembangkan dan menyajikan Hasil karya.
Peserta didik dapat menciptakan hasil karya berupa tulisan,presentasi dan yang lain misalnya dengan menciptakan media berupa vidieo dan lainya dan jika perlu dapat juga memamerkanya.
  • Analisis dan Evaluasi.
Guru meminta peserta didik untuk melakukan aktivitas yang dapat dinilai baik pengetahuan,ketrampilan maupun sikap (untuk yang pendidikan agama dan Pkn) seperti penilaian unjuk kerja,porto polio.

Baca juga
Pembelajaran Problem based learning merupakan pembelajaran berbasis masalah dengan mencari permasalahan dan peserta didik di bantu guru sebagai fasilisator untuk memudahkan menemukan masalah melalui pencarian informasi dari berbagai sumber,mendiskusikan dalam kelompok menyampaikan hasil diskusi dalam sebuah karya baik tulisan maupun media seperti vidio dan lainya dan jika perlu dapat juga di pamerkan,dan guru selanjutnya mengevaluasi dengan penilaian berupa unjuk kerja,porto polio dan penilaian yang lain.
Semoga bermanfaat.