script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi Pengertian Contoh Jenis dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran

klasifikasi pengertiancontoh jenis dan kriteria media pembelajaran

Klasifikasi Pengertian Contoh Jenis dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran
➥Pengertian Media Pembelajaran.
Media berarti perantara atau juga sering di sebut pengantar,Menurut Brown(1973)media yang di gunakan dalam proses belajar mengajar dapat mempengaruhi efektifitas kegiatan belajar mengajar,atau boleh dikatakan bahwa media pembelajaran sebagai sarana untuk merangsang pikiran,perasaan,kemampuan serta dapat menyalurkan pesan yang ingin di capai dalam proses pembelajaran atau belajar mengajar.

➥Jenis dan Contoh Media Pembelajaran.
Secara garis besar media pembelajaran dapat di bagi menjadi beberapa macam antara lain :

  • Media Asli atau tiruan

Media ini banyak di gunakan misalnya dengan menggunakan mahluk hidup,peraga benda tidak hidup,sebagai contoh pembelajaran teknik otomotif menggunakan peraga stand kendaraan baik yang dapat di hidupkan maupun berupa stand atau benda yang tidak dapat di hidupkan atau pembelajaran lain tentang mahluk hidup pada pelajaran ilmu pengetahuan alam sering menggunakan media mahluk hidup dan benda mati atau tidak hidup yang lain.

  • Media Grafis

Pada media ini sering menggunakan grafik berupa tulisan dan gambar sebagai media yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran sebagai contoh mempelajari tentang mesinsering menggunakan gambar untuk memperjelas kondisi komponen sebenarnya dan beberapa tulisan yang dapat di gunakan sebagai media pembelajaran.

  • Media Papan.

Digunakan beberapa macam media seperti papan tulis,papan tempel,flanel dan media yang lain,media ini juga sering digunakan untuk proses belajar mengajar yang masih sering digunakan dengan menggunakan media papan tulis ataupun whiteboard,papan tempel serta dapat juga menggunakan flanel untuk proses belajar mengajar.

  • Media Proyeksi.

Media ini adalah media yang dapat di proyeksikan ke layar baik dengan OHP maupun proyektor dan sekarang ini sesuai dengan kemajuan sudah mulai berubah dengan menggunakan proyektor sebagai media pembelajaran dan mudah digunakan serta mempermudah guru dalam menyampaiakan tujuan belajar mengajar yang ingin di capai.

  • Media Audio.

Penggunaan media ini berdasarkan pada suara dapat berupa kaset,cd dan menggunakan media yang lain seperti radio tape recorder untuk mendengarkan suara yang dapat mempermudah siswa dalam proses belajar mengajar.sebagai contoh yang sering menggunakan media audio adalah pada lab bahasa dan yang lain untuk proses belajar mengajar.

  • Media Audio Visual

Media ini adalah media yang dapat di dengan dan dilihat baik gambar visual ,animasi maupun slide serta suara dapat di dengar untuk menyampaikan pesan yang ingin di capai dalam proses belajar mengajar,banyak yang menggunakan media audio visual sebagai media karena sekarang ini sudah banyak sekali macam media audio visual yang baik untuk menyampaikan pesan pembelajaran sehingga menjadi lebih baik karena gambar bergerak,vidieo,animasi,slide mirip dengan yang asli pada benda kerja yang di pelajari.

  • Media Cetak.

Merupakan hasil cetakan baik dari printer maupun yang lain seperti buku,modul dan yang lain,yang digunakan sebagai media pembelajaranuntuk mempermudah proses belajar mengajar yang banyak digunakan oleh guru.

  • Dan Media  yang lain.

Pada abad 21 seperti sekarang ini sudah banyak menggunakan media pembelajaran dari berbagai macam menggunakan Internet sebagai media yang dapat di sesuaikan dengan kondisi kemajuan jaman pada abad 21 sekarang ini seperti media sosial,blog/website,software yang banyak di gunakan sebagai media pembelajaran yang dapat pula di simpulkan juga merupakan pengembangan dari beberapa media di atas yang dapat untuk menyampaiakan pesan,merangsang pikiran,kemampuan siswa yang di gunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik.
klasifikasi pengertian contoh jenis dan kriteria pemilihan media pembelajaran

➥Prinsip Penggunaan Media Pembelajaran.

  • Menurut Fred prinsip penggunaan media pembelajaran adalah konsistensi dengan tujuan,mengetahui teknik dan penyajian,relevan,obyektif.
  • Sedangkan menurut Zainal Abidin dkk,tidak ada media pembelajaran yang menggantikan guru 100%,dan tidak ada media yang menjadi tunggal untuk tujuan belajar mengajar.
  • Berdasarkan kesimpulan di atas bahwa penggunaan berbagai macam media untuk proses belajar mengajar sangat baik terutama dengan menggabungkan beberapa media sesuai dengan kebutuhan dan pengetahuan yang dimiliki akan menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih baik.

➥Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran.
Terdapat beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam memilih media pembelajaran antara lain :

  • Tujuan yang ingin dicapai yaitu dengan memilih media pembelajaran yang ingin di capai dari proses belajar mengajar.
  • Ketepatan dan Kegunaan adalah ketepatan dalam menggunakan media misalnya dengan gambar,vidio,animasi atau yang lain yang sesuai dengan benda aslinya.
  • Keadaan siswa adalah cocok dengan keadaan siswa saat ini misalnya media yang menarik perhatian siswa sehingga membuat siswa senang dengan pembelajaran tersebut.
  • Ketersediaan merupakan ketersediaan sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses belajar mengajar sehingga dapat di gunakan guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang baik.
  • Mutu dan Teknis merupakan mutu dari media pembelajaran yang baik misalnya gambar sebuah mesin dengan menggunakan warna menarik,membuat film/vidio tentang tutorial,cara kerja,membuat slide dan yang lain.

➥Biaya.
Biaya yang digunakan diharapkan seimbang dengan hasil yang ingin di capai dalam pembuatan media pembelajaran yang bermutu baik misalnya untuk membuat foto,gambar slide dengan software,web /blog,media atau peraga yang lain gratis maupun yang berbayar.sebagai contoh jika hanya untuk mnegidentifiasi bagian tertentu cukup menggunakan foto dan gambar sudah cukup baik, dan jika menggunakan sofware atau internet jika biaya belum sesuai cukup dengan yang gratisan sudah dapat untuk membuat media,dan jika ingin mutu yang lebih baik tentunya dengan membuat media dengan yang berbayar.

Dari Pengertian,klasifikasi,contoh,jenis,prinsip penggunaan dan kriteria pemilihan media pembelajaran di atas dapat di simpulkan bahwa memilih media yang baik dan tepat untuk meningkatkan proses belajar mengajar yang baik dan di sesuaikan dengan kondisi jaman terutama pada abad 21 seperti sekarang ini menuntut untuk membuat media pembelajaran yang baik sehingga mempermudah dalam pembelajaran sehingga diharapkan dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai dalam menggunakan media pembelajaran.