script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab bunyi plek-plek pada mesin kendaraan

Penyebab bunyi plek-plek pada mesin kendaraan.
Ketika mesin dihidupkan terdengar suara aneh seperti plek-plek yang terjadi pada mesin kendaraan dan suara menimbulkan berisik pada mesin,hal ini sering terjadi pada waktu penyetelan katup yang kurang tepat terutama sehabis melaksanakan praktik tune up baik untuk mesin bensin maupun mesin diesel.
penyebab bunyi plek plek pada mesin kendaraan


Pada penyetelan katup /klep yang kurang tepat dapat mengakibatkan bunyi-bunyi seperti diatas di karenakan metode dan cara menyetel katup yang tidak sesuai dengan spesifikasi baik cara menyetel  dan ukuran pada celah katup.

Ukuran celah katup yang tepat juga dapat mempengaruhi kerja dari mesin karena terdapat katup masuk untuk pemasukan campuran sistem bahan bakar dan udara pada mesin bensin tepat dan katup buang pada pengeluaran gas pembakaran tepat dan benar.

Suara -suara tumbukan katup sebagi contoh pada penyetelan yang terlalu rapat ataupun penyetelan katup yang terlalu longgar menyebabkan  bunyi plek-plek seperti suara dua benda yang saling bertumbukan pada suara mesin saat dihudupkan.

➥Langkah perbaikan
Pada bunyi yang diakibatkan oleh suara katup adalah dengan cara menyetel  ulang dengan cara dan ukuran yang tepat terutama pada saat penyetelan dan selanjutnya lakukan pengujian kembali setelah proses penyetelan pada katup/klep mesin.atau mungkin terjadi kerusakan pada katup,dudukan dan baut penyetel katup jika itu terjadi lakukan penggantian terutama pada baut penyetel katup.

Dengan menyetel katup yang tepat juga merupakan salah satu bagian dari suara mesin yang halus atau untuk menambah  memperhalus suara mesin,disamping pengapian tepat (pada  konvensional) dan penyetelan sistem  bahan bakar yang tepat.

Demikian penyebab suara pada katup / klep mesin yang kurang tepat yang dapat menimbulkan suara atu bunyi berisik sepertii plek-plek pada mesin saat dihidupkan,dan untuk perbaikanya adalah dengan cara menyetel ulang katup sesuai dengan spesifikasi dan ukuran penyetelan katup pada manual servis kendaraan.
Semoga bermanfaat.