script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar mudah dengan bertanya kepada teman sejawat

belajar mudah dengan bertanya kepada teman sejawat

Jika anda kesulitan belajar dan ingin cepat mudah dan paham dengan cara belajar mudah dengan cara bertanya dengan teman sejawat,atau lebih mudah jika anda seorang siswa ada baiknya anda belajar dengan bertanya kepada teman anda.

Mengapa demikian?karena ada sebagian para siswa atau peserta didik yang jika di beritahu atau di jelaskan oleh para guru mereka yang tidak paham atau merasa takut,merasa malu dan yang menyebabkan kurang memperhatiakan apa yang di jelaskan oleh para guru mereka,nah anda kuhususnya yang lagi menempuh study mungkin akan lebih rileksdengan teman sendiri atau teman sejawat.

Hal ini sering saya lakukan dengan menerapkan berbagai metode dan model pembelajaran yang tidak hanya fokus pada guru menerangkan saja akan tetati seperti model jigsaw misalnya dengan mnunjuk siswa dalam tim ahli atau yang sudah mengusai untuk melatih teman sendiri dan yang merasa belum bisa dapat bertanya kepada teman yang sudah bisa.

Dan rata-rata berhasil lebih dari 80% para siswa dapat menyerap materi yang diberikan dengan model pembelajaran berantai seperti melatih dan bertanya dengan teman sejawat atau teman sekelas mereka,dan jika diamati mereka rata-rata mereka lebih senang dengan bertanya kepada teman yang sudah menguasai materi karena tidak ada rasa sungkan,malu,takut pada guru mereka khususnya bagi siswa yang merasa seperti diatas.

Hal ini tentunya juga secara otomatis meningkatkan target khususnya bagi guru untuk target agar para siswanya mengusai materi dengan hasil yang signifikan dan memuaskan terutama jika guru tersebut rajin dalam melakukan penelitian untuk mengmbangan metode pembelajaran mereka dengan berbagai model,metode dan media agar menarik siswa untuk belajar.

Keuntungan yang raih tidak hanya guru semata tetapi juga bagi peserta didik atau siswa yang merasa bangga apa yang dia raih dengan hasil memuaskan dari diskusi,bertanya kepada para teman sekelas dalam kelompok mereka dan meningkatkan rasa penasaran atau ingin tahu mereka terhadap suatu materi yang diajarkan guru mereka.

Disini peran sangatlah penting dalam mencoba,meneliti tentang model,metode dan media yang tepat yang dapat menarik siswa untuk selalu belajar dengan berbagai multi media sesuai dengan kemajuan jaman terutama di kemajuan teknologi dan memberikan bekal kepada mereka untuk selalu melek teknologi terkini agar kelak dikmudian hari di dunia kerja dapat memenangkan persaingan kemajuan teknologi yang semakin pesat.

Ya,tentunya sekarang ini dan kita tidak dapat membayangkan 5 sampai 10 tahun kedepan apakah kemajuan era semakin maju,dan tentunya jika didunia kerja anda tidak memiliki kemampuan tentang atau rendah seperti di bidang IT anda kan tertinggal,khususnya para guru dan pegawai di dunia pendidikan yang sudah seharusnya melek IT agar dapat meningkatkan mutu pembelajaran di dunia pendidikan.

Dengan belajar bertanya kepada teman sejawat dapat dilakukan dengan saling tukar pengalaman jika siswa dengan model ,metode yang terapkan para guru yang inovatif karena peran guru sekarang ini lebih menonjol pada fasilisator bukan sebagai penceramah seperti model dulu.

Dan bagi dunia kerja belajar dengan teman sejawat juga penting khususnya yang bersangkutan IT dan Internet yang selalu digunakan sekarang ini,Bagaimana jika anda bekerja di sebuah kantor,tapi tidak menguasai cara membuat file pdf misalnya,padahal file pdf banyak digunakan untuk  berkirim surat menyurat.

Tentunya hal ini juga erat kaitanya antara sekolah dan dunia kerja saling belajar dengan teman sejawat tentunya belajar tentang ilmu dan pengalaman yang baik yang berguna bagi dunia kerja kedepan yang kompetitif dan sudah selayaknya anda belajar mudah saling bertanya dan saling memberitahu ilmu yang bermanfaat.




Posting Komentar untuk "Belajar mudah dengan bertanya kepada teman sejawat"