script>var vioMagzSetting={relatedPosts:!0,jumlahRelatedPosts:4,relatedPostsThumb:!0,numberedPageNav:!0,perPage:8,bacaJuga:!0,jumlahBacaJuga:5,judulBacaJuga:"Baca Juga",}
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Rangkaian Sistem Starter tanpa dan dengan relay

Sistem Starter adalah suatu sistem untuk menghidupkan awal pada kendaraan,Pada rangkaian sistem starter terdapat beberapa rangkaian ada yang menggunakan relay dan tanpa menggunakan relay,penggunaan relay sendiri ditujukan untuk memperkecil kehilngan tegangan pada rangkaian kelistrikan supaya komponen-komponen kelistrikan/sistem starter dapat bekerja dengan baik dan optimal.
2 rangkaian sistem starter tanpa dan dengan relay
➦Terdapat rangkaian sistem starter dengan menggunakan relay dan tanpa menggunakan relay ,Berikut ini kitaakan membahas rangkaian tanpa menggunakan relay dan rangkaian sistem starter dengan menggunakan relay adalah sebagai berikut :

1. Rangkaian sistem starter tanpa menggunakan relay.
Pada rangkaian sistem starter menggunkan relay misalnya relay dengan 4 terminal,
rangkaianya mulai dari:
  • baterai
  • fuse/sekering
  • terminal B kunci kontak
  • terminal ST kunci kontak
  • menuju terminal 50 motor starter
  • dan terminal 30 motor starter dihubungkan ke positip baterai
Rangkaian ini tidak ditambahkan relay komponenya hanya baterai,sekering,kunci kontak dan motor starter dan tentunya kabel.

2 rangkaian sistem starter tanpa dan dengan relay

2. Rangkaian sistem starter dengan menggunakan relay.
Rangkaian sistem starter dengan menggunakan relay komponen yang digunakan baterai,sekering,kunci kontak,motor starter,kabel dan relay.
sedangkan rangkaianya adalah :
  • dari baterai 
  • sekering
  • terminal B kunci kontak
  • terminal ST kunci kontak
  • terminal 86 relay
  • terminal 30 relay ke positif baterai
  • terminal 87 relay menuju terminal 50 motor starter
  • dan terminal 85 relay menuju ke body/massa.
Perbedaan rangkaian sistem starter tanpa relay dan menggunakan relay dari kunci kontak ST langsung menuju ke terminal 50 motor starter.
Sedangkan yang menggunakan relay dari ST kunci kontak menuju ke terminal 86 relay,dan yang dihubungkan ke terminal 50 motor starter adalah terminal 87 pada relay.
Dari jenis rangkaian sistem starter diatas baik yang tidak menggunakan relay maupun yang menggunakan relay,jika dilihat dari keuntungan tentunya baik yang menggunakan relay karena dapat memperkecil kehilangan tegangan,juga motor starter sendiri juga membutuhkan tenaga yang besar untuk memutarkan poros engkol melalui flywheel dan roda gigi pinion pada motor starter,Sehingga dapat bekerja dengan optimal.dan pada kendaraan keluaran terbaru rata-rata sudah menggunakan relay pada rangkaian sistem starter.
Sekian semoga bermanfaat.